Suporter Setia…

culesBerbicara tentang suporter, sangat erat kaitannya dengan sepakbola. Apa jadinya sebuah tim sepakbola besar namun tidak ada yang mendukung. Dan apa jadinya suporter bila tidak ada tim dukungannya( ya iyalah).

Peran suporter sangatlah penting. Meski suporter kerjaannya hanya teriak-teriak/ sorak-sorang di tribune penonton, hal tersebut dapat memotivasi para pemain yang sedang berlaga.

Beberapa waktu lalu, dunia sepakbola sempat tercengang sesudah partai semi final liga champions yang mempertemukan Barcelona dengan Bayern Munchen. Barcelona kalah telak dengan skor akhir agregat 7-0.

Banyak suporter berpikiran bahwa era Barcelona sudah habis setelah ditinggal Pep Guardiola. Ada yang berpikiran bahwa pemain Barcelona kurang mumpuni. Dan ada yang berpikiran bahwa Manager Barcelona kurang baik. Hal-hal seperti itu membuat para cules(sebutan suporter Barcelona) bimbang dan ingin ganti tim kesayangan.

Rasa kecewa pun muncul. Sebenarnya, pada situasi seperti ini, loyalitas kita terhadap satu tim sedang diuji. Barcelona memang kalah telak. Namun, pemain-pemain Barcelona bukanlah seorang mesin yang dapat dikendalikan ke mana saja, kapan saja ingin bermain dan dipaksa untuk harus menang terus. Mereka sama seperti layaknya kita seorang manusia biasa yang sudah pasti memiliki kekurangan-kekurangan.

Situasi seperti ini mengajarkan kita untuk terus istiqomah, respect, serta mempunyai rasa sportif. Sebaiknya, kita jangan menyombongkan tim kesayangan kita di depan orang lain, dan juga jangan merasa bahwa tim kesayanngan kita lebih baik dari tim mereka. Satu tim, pasti ada masa kapan dia jayanya. Ibarat roda yang terus berputar.

Saya sendiri sebagai cules, pasti kecewa atas hasil yang diperoleh Barcelona musim ini. Namun, kita tidak boleh patah semangat. Terus berikan respect kepada Barcelona karena Barcelona adalah sebuah tim yang lebih membutuhkan dukungan pada saat mereka kalah, bukan saat mereka menang.

 

Kalah telak membuat kita sadar bahwa kemenangan tidak dapat diraih  dengan mudahnya. Perlu usaha atas semua itu.

 

Loyalitas kita sedang diuji. Suporter sejati atau bukan?!

We stay behind Barca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s