Hal kecil yang dilupakan Barcelona Musim ini

barcaMusim ini memang bukan musim yang baik bagi tim asal Katalan, Barcelona. Musim ini Barcelona tampil kurang impresif dan kurang greget sehingga musim ini Barcelona hanya bisa mendapatkan trofi LaLiga.

Setelah melihat hasil yang kurang memuaskan dari Barcelona, banyak orang berspekulasi atas hal tersebut. Entah apa yang mereka bicarakan. Namun, beberapa faktor kegagalan treble winners Barcelona pun mulai mencuat diantaranya :

  1. Kurang bimbingan pelatih. Disebabkan karena sang manager Tito Vilanova sedang dalam proses pemulihan setelah operasi kanker kelenjar ludah.
  2. Ditinggalnya Pep Guardiola. Dialah pelatih yang membuat Barcelona banyak meraih hasil memuaskan musim lalu. Namun, setelah ke-4 tahun kepelatihannya, dia memutuskan untuk berhenti menangani Barcelona.
  3. Terlalu mengandalkan pemain muda, bukan pemain senior
  4. Sang mega bintang Lionel Messi yang mengalami cedera sehingga membuat penampilannya di lapangan kurang begitu memuaskan

Dari ke-4 faktor-faktor di atas, ada satu hal kecil yang dilupakan oleh Barcelona. Apa itu?

TIKI-TAKA! Itulah hal kecil yang membuat penampilan Barcelona sendiri kurang impresif.

Tiki-Taka sendiri adalah gaya permainan dengan cara umpan-umpan pendek dengan gerakan dinamis serta mempertahankan penguasaan bola.

Terbukti musim ini Barcelona jarang memperlihatkan gaya permainan tersebut. Dilihat dari penguasaan bola saja, kalah jumlahnya jika dibandingkan dengan musim lalu saat masa kepelatihan Pep Guardiola.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s